BAGAIMANA SEHARUSNYA
GURU MENGAJAR ?
Mengimplementasikan permen 41 no 2007 tentang (standar proses) dan standar penilaian (Permen 20 / 2007)dengan :
I. PERENCANAAN
- Menganalisis SK/KD dan merumuskan indikator serta KKM.
- Membuat prota dan prosem.
- Menyusun perangkat pembelajaran (silabus yang terdiri atas ;identitas yang meliputi nama sekolah,kelas,
mata pelajaran, alokasi waktu kelas/semester, SK, KD, materi pokok , kegiatan pembelajaran, indikator,
penilaian alokasi waktu,sumber bahan.
- Menyusun RPP yang komponenya terdiri atas :identitas(sekolah , kelas/ semester, mata pelajaran, alokasi
waktu), SK,KD,Indikator,tujuan pembelajaran, materi ajar,metode,kegiatan pembelajaran
(pendahuluan,inti,akhir), lampiran yang memuat instrumen penilaian(tes,lembar observasi unjuk
kerja,tugas), analisis dan tindak lanjut.
II. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(IMPLEMENTASI PERENCANAAN)
(IMPLEMENTASI PERENCANAAN)
- Melaksanakan pembelajaran sesuai rencana yang sudah disusun (RPP)
III.
MELAKSANAKAN PENILIAN
- Melaksanakan penilaian terhadap proses pembelajaran kepada peserta didik, dengan berbagai cara
antara lain :
-Nilai proses (pengamatan, tanya jawab, diskusi, unjuk kerja, praktek)
- Nilai ulangan harian (tes tulis) Nilai hasil penugasan
IV.
REMIDIAL & PENGAYAAN
Membuat program dan melaksanakan remial untuk peserta didik yang belum tuntas
Membuat program pengayaan bagi peserta didik yang memiliki percepatan belajar lebih, dan
menyiapkan bahan pengayaan bagi peserta didik slow learner.
V. REFLEKSI DIRI
++Melakukan refleksi diri yaitu yaitu merenungkan diri bagaimana pelaksanaan saya dalam mengajar tadi ?
- Apa kelebihan yang saya lakukan ?
- Apa kekurangan saya ?
- Bagaimana respon dari peserta didik ?
- Apa yang seharusnya saya lakukan lebih lanjut ?
++Melakukan refleksi diri yaitu yaitu merenungkan diri bagaimana pelaksanaan saya dalam mengajar tadi ?
- Apa kelebihan yang saya lakukan ?
- Apa kekurangan saya ?
- Bagaimana respon dari peserta didik ?
- Apa yang seharusnya saya lakukan lebih lanjut ?
CATATAN
1. Pembelajaran direncanakan dan dilaksanakan berpusat pada siswa (student center)
1. Penilaian mengacau pada indikator pencapaian kompetensi.
( contoh : indikatornya ; mendemonstrasikan baca puisi maka perlu disiapkan instrumen unjuk kerja
membaca puisi). 1. Melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil refleksi (remedial atau enrichment)